Jumat, 29 Juni 2012

Wasit Asal Portugal Pimpin Laga Final EURO 2012 ESP vs ITA


Pedro Proenca

Pedro Proenca akan memimpin laga final Euro 2012 antara Spanyol kontra Italia.
JAKARTA, Jaringnews.com - Wasit asal Portugal, Pedro Proenca mendapatkan kepercayaan dari UEFA untuk memimpin laga Spanyol kontra Italia di partai final Piala Eropa 2012. Wasit 41 tahun ini berhasil menyisihkan dua kandidat lainnya, yakni Nicola Rizolli dan Howard Webb.

Kepastian ditunjuknya Proenca sebagai wasit pertandingan final Euro 2012 diumumkan langsung oleh UEFA melalui situs resminya, Jumat (29/6/2012) sore WIB. Sebelumnya, Proenca juga pernah memimpin partai puncak Liga Champions antara Chelsea versus Bayern Munich, Mei Lalu.

Bagi wasit kelahiran 3 November itu, pertandingan Spanyol kontra Italia adalah laga keempat yang dipimpinnya di Piala Eropa 2012. Dia sebelumnya menjabat sebagai pengadil pada laga Grup C antara Spanyol dengan Republik Irlandia, Swedia kontra Prancis di Grup D, serta Inggris menghadapi Italia di perempatfinal.

Di final, Proenca akan dibantu oleh asisten wasit Bertino Cunha Miranda dan Ricardo Jorge Ferreira Santos yang juga berasal dari Portugal. Sementara posisi asisten wasit tambahan akan diisi oleh Manuel Jorge Moreira Neves De Sousa dan Duarte Nuno Pereira Gomes. Dan, Cuneyt Cakir serta Bahattin Duran akan menjabat sebagai official keempat dan asisten wasit cadangan.

Proenca memulai karier sebagai wasit sejak 1998 silam di liga Portugal. Pria yang juga bekerja sebagai penasihat keuangan itu telah memiliki lisensi wasit FIFA sejak 2003 lalu. Dia pun langsung mendapatkan kepercayaan untuk memimpin sejumlah laga di Piala Eropa U-19 pada tahun 2004.

Di musim 2009/2010, Proenca dipromosikan sebagai salah satu wasit elit Eropa. Pada musim yang sama dia mendapatkan kesempatan untuk menjadi pengadil di empat pertandingan Liga Champions. Sementara di musim 2010/11, dia memimpin lima pertandingan, dan di musim 2011/12 enam laga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar