Senin, 05 Desember 2011

PERKEMBANGAN ALAT-ALAT PERTANIAN PENGOLAH TANAH DARI TRADISIONAL HINGGA MODERN

1.    Alat  Pertanian Pengolah Tanah Sederhana
           Pada zaman dahulu, ketika nenek moyang kita masih hidup berkelompok dan berpindah-pindah, mereka telah mengenal system bercocok tanam. Mereka memenuhi kebutuhan pangan mereka dengan system tersebut. Pada saat itu mereka telah mampu membuat alat berupa sebilah kayu atau batu yang kemudian mereka asah sedemikian rupa, hingga dapat digunakan dalam bercocok tanam.
*ket : alat penggali tanah kuno masyarakat lembah sungai Eufrat dan Tigris [ source ; google ]
           Di beberapa daerah di Nusantara, terdapat keragaman alat-alat bercococok tanam yang digunakan saat itu. Berikut contohnya :
 Di daerah Aceh : Langa
            Bagian-bagian langa :
a.    Boh langa










Merupakan bagian langa yang terletak paling bawah. Fungsinya sebagai tempat memasang mata langa . Terbuat dari kayu ( bak mane), bentuk lancip mata langa mengikuti bentuk mata langa yang menyerupai mata panah besar. Bagian inilah yang berfungsi merobek dan membalikkan tanah  ketika langa dtarik, sehingga tanah jadi gembur.

b.    Eh langa



Berfungsi menghubungkan sapi atau kerbau penarik langa  dengan bagian lain yg berada di blakangnya  yaitu boh langa dan yok langa . Terbuat dari sepotong kayu keras dan kuat, biasanya dari kayu pohon aren . Panjangnya sekitar 2,5 meter dan membujur dari depan ke belakang. Bagian belakang alat ini meelengkung ke bawah dan ada pula yang hanya lurus dari ujung ke pangkal. Untuk eh langa yang dibuat meelengkcung bagian belakangnya, ketika digunakan eh langa akan berbentuk  mendatar. Sedangkan jika eh langa dibuat lurus dari bagian depan ke belakang, batang eh langa akan berbentk miring ketika digunakan dengan bagian depan berada di atas.

c.    Yok Langa

 Dibuat dari bahan kayu dengan bentuk khas. Bentuknya menyesuaikan dengan bentuk punggung kerbau . fungsinya untuk mengangkut  eh langa yang ditarik sapi atau kerrbau. Dibagian atas boh langa, terdapat peralatan lain, yaitu sepotong kayu yang dihaluskan. Kayu ini disebut lamat. Panjang lamat sekitar 1,5 meter . lamat terletak di bagian paling belakang, berbentuk miring dan berfungsi sebagai pegangan orang yang menggunakan langa.


Cara penggunaan langa :
Siapkan langa dan hewan yang akan digunakan. Pasang yok langa ke leher sapi atau kerbau. Pasang tali yang terdapat pada yok langa agar bagian ini tidak terlepas. Pasang eh langa pada boh langa, pasang bagian belakang (eh langa dan boh langa) pada yok langa dengan menggunakan tali.


Kelebihan dan Kekurangan Yok langa :

Kelebihan : langa dapat dibuat sendiri, alat yang ramah lingkungan, bahan pembuat langa mudah ditemukan di daerah Aceh.

Kekurangan : tidak efektif dan efisien, tidak tahan lama, harus menggunakan sapi/ kerbau.
*ket : gambar penggunaan langa
Di daerah Sulawesi Selatan : Rakkala

            Rakkala adalah alat tradisional penggembur tanah yang digunakan oleh suku bugis Sulawesi Selatan zaman dulu. Alat ini terbuat dari beberpa komponen yang terbentuk dari kayu-kayu berkualitas tinggi dan sepotong besi yang berbentuk pipih. Pengoperasian alat ini umumnya dilakukan oleh para laki-laki, hewan atau bahkan perpaduan keduanya.
Komponen- komponen rakkala sebagai berikut :

a)    Tekko
Merupakan komponen utama sebagai tempat dirangkaikannya komponen-komponen rakkala yang lain, seperti watang rakkala (batang bajak), sui, gigi (mata bajak), dan komponen lainnya.
Juga sebagai kemudi untuk mengontrol arah mata bajak pada tanah yang akan dibajak. Alat ini biasa dibuat dari kayu jenis jati, bitti, sampi, cenrana.
b)    Watang Rakkala
Bentuk bagian ini dikondisikan dengan jenis hewan yang akan digunakan dalam menggunakan alat ini. Jika yang digunakan adalah sapi atau kerbau, maka yang digunakan adalah dua ekor. Tapi jika yang digunakan adalah kuda, maka hanya terdiri dari seekor saja.

*ket : bentuk watang rakkala yang digunakan pada sapi/kerbau

            a = tekko rakkala
            b = watang rakkala
            c = sui
            d = gigi
            e = paccala tekko

*ket : bentuk rakkala yang digunakan pada kuda penarik bajak

            a = tekko rakkala
            b = watang rakkala
            c = sui
            d = gigi
            e = paccala tekko



c)    Sui
Sui adalah sepotong kayu pipih bertangkai serta berujung lancip. Disambungkan dengan tekko rakkala yang fungsinya membalikkan tanah. Bagian ini juga terbuat dari bahan kayu yang kuat.

d)    Gigi ( mata bajak )
Yaitu sepotong besi yang pipih dan tajam . dipasang pada bagian bawah sui sebagai bantalan. Bagian ini mempermudah membongkar tanah.

e)    Tali-temali
Komponen-komponen rakkala yang terbuat berupa tali terbuat dari rotan, ijuk, kulit kayu atau tali plastik.




*ket : ajoa  berbentuk pipih yang dipasang pada leher sapi/kerbau


Teknik pengoperasian Rakkala

            Langkah pertama yang dilakukan adalah memasang komponen-komponen rakkala. Setelah itu, petani mulai menggiring sapi, kerbau atau kuda untuk mulai membajak. Umumnya, pembajakan dimulai dari bagian pinggir petakan sawah hingga ke bagian tengah sawah. Posisi sui dan gigi harus menghadap keluar atau ke kanan si pembajak sehingga bagian-bagian tanah yangbelum terbajak tidak tertutupi oleh gumpala-gumpalan tanah yang sudah terbongkar.




Keuntungan dan Kerugian Rakkala :

Keuntungan : alat dan bahannya mudah didapatkan, hemat biaya, pengoperasiannya mudah, ramah lingkungan.

Kerugian : butuh waktu lama untuk membajak sawah satu hektar, teknik penoperasiannya relatif rumit karena harus dirangkaikan sedemikian rupa.



            Cangkul


Cangkul atau Pacul adalah satu jenis alat pertanian tradisional yang digunakan dalam proses pengolahan tanah pada lahan pertanian. Cangkul digunakan untuk menggali ataupun untuk meratakan tanah. Cangkul masih digunakan sehingga masa ini untuk menjalankan kerja-kerja menggali yang ringan di kebun ataupun di sawah. Alat ini merupakan elemen penting dalam bidang pertanian terutama pertanian ladang kering.
Cangkul dibuat dari baja sehingga alat ini sangatlah kuat. Cangkul atau Pacul merupakan gabungan dari bawak dan pacul itu sendiri. Bawak merupakan bagian kepala atau bagian atas dari cangkul. Sedangkan pada bagian landepan atau bagian bawahnya sering kita sebut dengan pacul juga. Pada bagian kepala terdapat lubang yang berfungsi untuk dipasangi garan pacul atau sering disebut doran. Dengan dipasangnya doran akan mempermudah dalam menggunakan alat cangkul ini
2.    Alat Pertanian Pengolahan Tanah Kemampuan Menengah ( Sedang )
           Traktor tangan (hand tractor) merupakan sumber penggerak dari implemen (peralatan) pertanian. Biasanya traktor tangan digunakan untuk mengolah tanah. Namun sebenarnya traktor tangan ini merupakan mesin yang serba guna, karena dapat digunakan untuk tenaga penggerak implemen yang lain, seperti : pompa air, alat prosesing, trailer, dan lain-lain.
Berdasarkan jenis bahan bakar yang digunakan, traktor tangan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :
  1. Traktor tangan berbahan bakar Solar
  2. Traktor tangan berbahan bakar bensin
  3. Traktor tangan berbahan bakar minyak tanah (kerosin)
Berdasarkan besarnya daya motor, traktor tangan dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :
  • Traktor tangan berukuran kecil, tenaga penggeraknya kurang dari 5 hp
  • Traktor tangan berukuran sedang, tenaga penggeraknya antara 5 - 7 hp
  • Traktor tangan berukuran besar, tenaga penggeraknya antara 7–12 hp


Keterangan gambar:
1.      Lamp
2.      Engine
3.      Clutch
4.      Gearbox
5.      Handlebar
6.      Speed-changing
7.      Clutch-brake handle
8.      Throttle control handle
9.      Steering hand grip
10.   Traction adapter
11.   Driving wheel
12.   Frame

Bagian-bagian utama traktor tangan dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu:
  1. Tenaga penggerak motor.
  2. Kerangka dan transmisi (penerus tenaga).
  3. Tuas kendali.
 Tenaga Penggerak Motor Traktor Tangan
Jenis tenaga penggerak yang sering dipakai adalah motor diesel, tetapi ada juga yang menggunakan motor bensin atau minyak tanah (kerosin). Daya yang dihasilkan kurang dari 12 Hp, dengan menggunakan satu silinder. Motor penggerak dipasang pada kerangka dengan empat buah baut pengencang. Lubang baut pada kerangka dibuat memanjang agar posisi motor dapat digerakkan maju mundur. Tujuannya untuk memperoleh keseimbangan traktor dan untuk menyesuaikan ukuran v-belt yang digunakan. Traktor akan lebih berat ke depan apabila posisi motor digeser maju, begitu juga sebaliknya. Untuk menghidupkan motor diesel digunakan engkol, sedangkan untuk motor bensin dan minyak tanah menggunakan tali starter.
 Kerangka dan Transmisi (Penerus Tenaga) Traktor Tangan
Kerangka berfungsi sebagai tempat kedudukan motor penggerak, transmisi dan bagian traktor lainnya. Bagian traktor dikaitkan dengan kerangka dengan menggunakan beberapa buah baut pengencang. Mengoperasikan Tarktor Roda Dua 12 Transmisi berfungsi memindahkan tenaga/putaran dari motor penggerak ke alat lain yang bergerak. Jenis transmisi yang digunakan ada beberapa macam, seperti : pully, belt, kopling, gigi persneleng, rantai dan sebagainya.
Setiap traktor tangan biasanya dilengkapi dengan standar depan dan standar samping. Standar samping khusus digunakan untuk pemasangan roda. Pemasangan roda dilakukan satu persatu. Pelepasan roda dari poros dilakukan dengan cara melepas mur-baut dan atau pena penyambung.
Setelah roda dilepas, baru dipasang roda pengganti yang sesuai. Pemasangan roda ini tidak boleh terbalik. Untuk roda ban, pada sisi atas ban, arah panah harus ke depan. Untuk roda besi, sisi roda bawah harus menancap ke tanah. Untuk roda apung, sisi roda bawah tidak boleh menancap ke tanah. Sehingga pemasangan roda tidak boleh terbalik antara roda kiri dan kanan.
Poros roda traktor biasanya cukup panjang dan dilengkapi dengan beberapa lubang. Poros yang panjang ini dimaksudkan untuk menyesuaikan lebar olah implemen. Pemasangan roda yang cukup lebar juga akan menjaga keseimbangan traktor, terutama apabila digunakan pada lahan yang miring. Sedang lubang yang ada di poros digunakan untuk tempat pena, sehingga menjamin roda tidak akan slip atau lepas pada saat pengoperasian.
Menghidupkan traktor tangan :
  1. Tuas kopling utama diposisikan “OFF” atau “rem”, sehingga traktor tidak berjalan pada saat dihidupkan
  2. Untuk keamanan, semua tuas persneleng pada posisi netral.
  3. Buka kran bahan bakar, sehingga terjadi aliran bahan bakar ke ruang pembakaran
  4. Gas dibesarkan pada posisi “start”, sehingga ada aliran bahan bakar (solar) yang cukup banyak di ruang pembakaran.
  5. Tuas dekompresi ditarik dengan tangan kiri, untuk menghilangkan tekanan di ruang pembakaran pada saat engkol
    diputar.
  6. Engkol dimasukkan ke poros engkol, lalu putar engkol searah jarum jam beberapa kali, agar oli pelumas dapat mengalir ke atas melumasi bagian-bagian traktor. Biasanya dilengkapi dengan indikator, untuk menunjukkan adanya aliran pelumas.
  7. Percepat putaran engkol, sehingga akan menghasilkan cukup tenaga untuk menghidupkan motor.
  8. Lepaskan tuas dekompresi, untuk menghasilkan tekanan, sementara engkol masih tetap diputar sampai motor hidup.
  9. Setelah motor hidup, engkol akan terlepas sendiri dari poros engkol. Hal ini disebabkan bentuk pengait engkol yang miring.
  10. Geser posisi tuas gas pada posisi “idle” atau stasioner
  11. Hidupkan motor tanpa beban kurang lebih selama 2-3 menit, agar proses pelumasan dapat berjalan dengan baik
  12. Traktor siap untuk dioperasikan
Mematikan traktor tangan:
  1. Lepaskan beban motor
  2. Kecilkan gas pada posisi “idle” atau stasioner, sehingga putaran mesin akan pelan, selama 2-3 menit.
  3. Geser tuas gas pada posisi “stop”, hingga motor mati karena tidak ada aliran bahan bakar ke ruang pembakaran.
  4. Tutup kran bahan bakar

Keuntungan dan Kekurangan Traktor tangan :

Keuntungan : efisiensi kinerja lebih unggul dibanding alat tradisional, metode pengoperasiannya lebih praktis.
Keekurangan : biaya operasionalnya mahal, menggunakan bahan bakar.



3.Alat Pertanian Pengolahan Tanah Kemampuan Tinggi ( Modern )















Traktor mengalami metamorfosa dari masa ke masa. Dengan berpedoman pada penemuan-penemuan teknologi terdahulu, mesin traktor ddewasa ini semakin komlex kinerjanya sehingga optimal dalam mengolah tanah.

Ada beberapa jenis traktor modern saat ini. Antara lain :

1. Traktor roda 2 (TR – 2 ) merupakan jenis mesin penarik dan penggerak, berdaya gerak sendiri,             berporos tunggal, beroda baja pengolah atau ban karet, terpadu dengan seperangkat alat pengolah       tanah, berfungsi untuk mengolah lahan dan lain-lain keperluan pertanian. Traktor ini dikendalikan         dengan tangan oleh pengemudi yang berjalan dibelakangnya melalui kopling dan gas ditangan.             Kapasitas Bajak  untuk lahan sawah berkisar  antara 10–12 jam/Ha   sedangkan untuk  lahan kering     antara 10 – 11 jam/Ha. Traktor roda 2 dapat beroperasi 3 bulan  dalam 1 tahun atau idealnya dapat     mengolah lahan seluas 40 Ha/tahun.
    Berdasarkan sumber tenaga penggeraknya traktor roda 2 dibedakan menjadi :
    a. Traktor kecil ( < 6 pk)
    b. Traktor sedang (6 pk  –  8,5 pk)
    c. Traktor besar ( > 8,5 pk)

2. Traktor Roda 4 (TR – 4) merupakan mesin penarik dan penggerak, berdaya   gerak   sendiri,  berporos ganda dan menggunakan roda dari ban karet ataupun kombinasi dengan roda besi, dapat  melakukan pekerjaan–pekerjaan pengolahan tanah dengan bajak piringan, rotary, kultivasi,    pemupukan dan lain-lain  maupun untuk keperluan transportasi.  
Berdasarkan sumber tenaga penggeraknya traktor roda 4 dibedakan menjadi :
    a. Traktor mini ( < 25 pk)
    b. Traktor sedang (25 pk  –  50 pk)
    c. Traktor besar ( > 50 pk)

3. Alsin penanam biji-bijian (seeder) adalah alat yang digunakan untuk menanam biji bijian sesuai dengan kedalaman dan jumlah yang dikehendaki.
   Macam-macam Alat Tanam berdasarkan tenaga penariknya, dibedakan menjadi:
   a. Alat tanam manual
   b. Alat tanam tarik hewan
   c. Alat tanam mekanis


 Cara Pengoperasian 

            • Persiapkan lahan sebelum penanaman dengan cara pengolahan tanah dengan bajak singkal atau bajak piringan dilanjutkan perataan menggunakan garu atau bajak rotari.
• Gandengkan  join adapter pada 3 titik gandeng traktor roda  4  atau pada traktor roda  2
            • Pasang batang penggandeng ukuran 50 x 50 mm pada join adapter, kemudian tempatkan penanam bijian WIKA GS – AH 01 sesuai jarak yang kita kehendaki.
•  Atur tinggi & posisi kemiringan mesin tanam tersebut sedemikian rupa sehingga posisi  pembuka alur dan roda penggerak sejajar.
• Untuk penggandengan dengan traktor roda 4 dengan cara memanjangkan top link dan untuk penggandengan  traktor  roda 2 dengan memutar join adapter.



Ket :
As (poros) roda
1.    Tuas kopling kemudi belok kanan
2.    Stang kemudi
3.    Tuas gas
4.    Kemudi pembantu
5.    Tuas persneleng utama
6.    Tuas kopling utama
7.    Tuas persneleng cepat lambat
8.    Tuas penyangga depan
9.    Gantungan pisasu rotary
10.  Pully penegang
11.  Penyangga depan
12.  Kerangka
13.  Pemberat depan
14.  Pully mesin
15.  V-belt
16.  Pully utama
17.  Penutup V-belt
18.  Gear box (rumah persneleng)
19.  Tutup kotak peralatan
20.  Tombol lampu dan bel
21.  Tuas kopling kemudi belok kiri
22.  Tuas persneling mesin rotari
23.  Ban


Kelebihan dan kekurangan Traktor modern :
Kelebihan traktor   : memiliki kamampuan kerja relative tinggi, teknik pengoperasiannya lebih praktis, meningkatkan produktivitas hasil pertanian.
Kelemahan traktor : biaya operasionalnya mahal, tidak ramah lingkungan, tidak dapat menjangkau areal persawahan di daerah terpencil, tidak dapat digunakan di areal persawahan yang berbatu.




3 komentar:

  1. kunjungi juga yah..
    http://www.dimasmichael.com/pengenalan-alat-pengolah-tanah/

    BalasHapus
  2. Banyak alat pertanian tradisional yang masih digunakan hingga kini, seperti arit cangkul dll

    BalasHapus
  3. Halo, saya Helena Julio dari Ekuador, saya ingin berbicara tentang Layanan Pendanaan Le_Meridian tentang topik ini.Le_Meridian Layanan Pendanaan memberi saya dukungan keuangan ketika semua bank di kota saya menolak permintaan saya untuk memberi saya pinjaman 500.000,00 USD, saya mencoba semua yang saya bisa untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank saya di sini di Ekuador tetapi mereka semua menolak saya karena kredit saya rendah tetapi dengan rahmat Tuhan saya jadi tahu tentang Le_Meridian jadi saya memutuskan untuk mencoba mengajukan permohonan pinjaman. dengan insya Allah mereka memberi saya pinjaman 500.000,00 USD permintaan pinjaman yang ditolak bank-bank saya di sini di Ekuador, sungguh luar biasa melakukan bisnis dengan mereka dan bisnis saya berjalan dengan baik sekarang. Berikut adalah Email Investasi Pendanaan Le_Meridian / Kontak WhatsApp jika Anda ingin mengajukan pinjaman dari mereka.Email:lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.comWhatsApp Contact: + 1-989-394-3740.

    BalasHapus